Senin, 28 September 2015

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

Kurma adalah buah yang menjadi populer saat bulan ramadhan, memang buah kurma seakan menjadi makanan yang wajib ada ketika menjelang berbuka puasa. Anda sudah pernah memakan buah kurma? Atau kurma adalah buah kesukaan anda? Hmm, anda punya hobi yang sehat karena manfaat buah kurma bagi kesehatan sangatlah baik. Manfaat buah kurma yang begitu baik tidak lepas dari kandungan nutrisi yang ada dalam buah tersebut.

Kandungan Nutrisi Buah Kurma

Kandungan nutrisi pada buah kurma memang banyak dan beragam. Dalam 100 gram buah kurma mengandung gula 75gr, frugkrosa, sukrosa, selulosa. Kurma juga mengandung selulosa 4gr air 22.5 protein 2.5gr,  lemak 2.5 gr, mineral potassium 79 gr, mengandung fosfat 21miligram, belerang 65 miligram zat besi 5 miligram, magnesium 65 miligram, kalsium 65 miligram, fosfor 72 miligram. Mengandung vitamin A 65 miligram  B1 0.08 miligram B2 0.05 CO 2 hingga 2.6miligram. Selain itu buah kurma mengandung 7 asam amino esensial yaitu lisin, valin, leosin, arginin, teorinin, isalosin dan tritopan. Kandungan nutrisi yang kaya menjadikan manfaat buah kurma sangat baik bagi kesehatan. Nah apa saja manfaat buah kurma bagi kesehatan? Silakan simak ulasan berikut ini.

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

1. Sumber Energi
Kurma merupakan buah sumber energi bagi yang memakannya. Ini menjelaskan kenapa saat berbuka puasa kita disarankan memakan kurma, karena dapat mengisi energi setelah seharian kelaparan. Zat besinya juga dapat menghindarkan dari anemia.

2. Membuang Racun Dalam Tubuh
Manfaat buah kurma selanjutnya adalah dapat membuang racun yang ada pada tubuh manusia. Vitokimia serta antioksidan yang dimiliki buah kurma menjadikannya sebagai anti racun.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan
Memakan buah kurma dapat mengatasi masalah pencernaan serta menghindarkan dari terjadinya kanker. Selain itu manfaat buah kurma dapat melancarkan buang air besar.

4. Menyehatkan Jantung
Kalium dalam buah kurma dapat mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah sehingga menghindarkan dari bahaya stroek dan jantung koroner.

5. Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan vitamin A yang terdapat pada buah kurma menjadikannya sangat bermanfaat untuk kesehatan mata, selain itu juga baik untuk kesehatan kulit.

Manfaat Buah Kurma Bagi Ibu Hamil

Manfaat buah kurma bagi ibu hamil sangat baik. Zat besi yang terkandung pada buah kurma menghindarkan sang ibu dari anemia, seperti yang diketahui anemia pada ibu hamil dapat membahayakan ibu dan janin yang dikandungnya.
Selain itu mengkonsumsi buah kurma dapat memperlancar persalinan nantinya. Itu karena buah kurma mengandung hormone oksitosin. Nah itulah beberapa manfaat buah kurma, salam sehat.

1 komentar: