Sabtu, 30 Mei 2015

Manfaat Minyak Ikan Dan Bahaya Minyak Ikan

Dewasa ini banyak orang yang mengkonsumsi minyak ikan, mereka tahu bahwa manfaat minyak ikan sangat baik untuk kesehatan. Namun tahukah anda apakah yang dimaksud dengan minyak ikan tersebut? Minyak ikan berasal dari jaringan pada jenis ikan yang berminyak. Minyak hati ikan kod merupakan minyak ikan yang sering dikonsumsi dan sudah digunakan sejak dahulu. Orang dahulu mengamati bahwa manfaat minyak ikan kod yang dikonsumsi hewan ternak dapat membuat hewan ternak tersebut sehat dan bugar, kemudian setelah itu banyak orang yang mengkonsumsi minyak ikan kod. Kini, minyak ikan bisa didapat dalam kemasan cair hingga seperti tablet.
Minyak ikan mengandung beragam kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Tercatat ada omega 3, EPA dan DHA terkandung pada minyak ikan kod, oleh karena itulah manfaat minyak ikan kod sangat baik untuk kesehatan. Nah, apa saja manfaat minyak ikan bagi kesehatan manusia? langsung saja silakan simak ulasan berikut ini.
manfaat minyak ikan kod
Minyak Ikan

Manfaat Minyak Ikan

1. Baik Untuk Mata
Tahukah anda bahwa minyak ikan sangat baik untuk kesehatan mata? Asam omega 3 dalam minyak ikan merupakan kandungan yang sangat penting untuk retina mata karena dapat memperbarui sel-sel retina mata secara alami. Oleh karena itulah minyak ikan kod dapat mencegah rabun.

2. Baik Untuk Otak
Manfaat Minyak ikan selanjutnya adalah dapat membuat otak lebih sehat. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa minyak ikan kod dapat meningkatkan perkembangan otak anak autis.Penelitian tersebut menunjukkan kemajuan kelancaran perilaku kognitif pada anak autis setelah mengkonsumsi supleman minyak ikan selama 16 minggu.

3. Meningkatkan Ingatan
Salah satu manfaat minyak ikan adalah dapat meningkatkan ingatan. Penelitian yang diterbitkan jurnal neurologi mendapatkan kesimpulan yang membuktikan bahwa minyak ikan dapat meningkatkan volume otak sehingga dapat menjaga daya ingat. Omega 3 juga mampu mengurangi pembentukan plak di otak.

4. Mencegah Serangan Jantung
Kandungan omega 3 yang ada pada minyak ikan dapat mengurangi peradangan pada arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung. Minyak ikan juga dapat meningkatkan aliran darah.

Bahaya Minyak Ikan

Terlalu banyak konsumsi minyak ikan rupanya juga mengandung bahaya. Menurut informasi dari liputan6 yang juga mengutip dari DailyMail mengungkapkan sebuah teori bahwa konsumsi omega 3 yang terlalu banyak dapat meningkatkan resiko kanker prostat pada pria sebanyak 70 persen. Oleh karena itu jangan terlalu banyak dalam mengkonsumsi sesuatu karena sesuatu yang berlebihan adalah tidak baik. Walaupun begitu manfaat minyak ikan memang sangat baik bagi kesehatan jika dikonsumsi secara cukup dan tidak berlebihan.

3 komentar:

  1. Manfaat minyak ikan cod tidak hanya sekedar seperti yang disebutkan di atas, mengoptimalkan kesehatan, kecerdasan, daya tahan tubuh, dan kreativitas anak itu juga bisa. Produk nya yang saya rekomendasikan adalah Tara Kid

    BalasHapus
  2. klo buat ayam bangkok gimana dampaknya klo di kasih sehari2 atau lebih dari 4

    BalasHapus
  3. klo buat ayam bangkok gimana dampaknya klo di kasih sehari2 atau lebih dari 4

    BalasHapus