Rabu, 03 Juni 2015

Manfaat Daun Sukun, Obati Sakit Jantung

Manfaat Daun Sukun. Mungkin masih orang yang belum mengenal pohon sukun, pohon sukun biasanya tumbuh tinggi setinggi pohon rambutan, daunnya besar berwarna hijau mengkilap. Buah sukun berbentuk bulat sebesar bola sepak. Biasanya buah sukun diolah dengan cara dipotong tipis lalu digoreng agar menjadi cemilan atau juga bisa direbus. Tapi kali ini kita tidak akan mengulas buah sukun, tetapi yang akan kita ulas manfaat daun sukun terhadap kesehatan tubuh manusia.
Sekilas memandang, daun sukun tampak tidak enak dimakan dan tidak menarik untuk diolah. Akan tetapi daun sukun punya manfaat yang sangat baik untuk tubuh manusia seperti kebanyakan daun tanaman lainnya. Kini, berbagai penelitian menyebutkan bahwa khasiat daun sukun sangat ampuh untuk mengatasi penyakit-penyakit tertentu seperti diabetes, asam urat, penyakit jantung, gagal ginjal juga kolesterol. Berikut ini ulasannya.

Manfaat Daun Sukun

1. Menurunkan Kadar Kolesterol
Untuk mendapatkan manfaat daun sukun sebagai penurun kadar kolesterol adalah dengan menyediakan segenggam daun sukun yang telah dikeringkan dan bangle yang sudah diseduh air panas, lakukan hal sama seperti ketika anda sedang membuat teh. Minum ramuan tersebut setiap hari.
manfaat daun sukun
2. Mengobati Sakit Jantung
Penelitian yang dilakukan oleh LIPI menunjukkan bahwa daun sukun dapat mengobati sakit jantung karena mempunyai kandungan flavonoid dan sitosterol yang berkhasiat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.
3. Mengobati Asam Urat
Manfaat daun sukun selanjutnya adalah mengobati asam urat. Untuk mendapatkan manfaat daun sukun yang satu ini anda dapat mempersiapkan segenggaman daun sukun yang telah dikeringkan dan kemudian diseduh dengan air panas anda dapat menambahkan gula batu atau madu untuk mengurangi rasa pahit yang ada.
4. Sebagai Obat Sakit Ginjal
Daun sukun memang kaya akan kandungan yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan seperti saponin, polifenol, asam hidrosianat, kalium, asetilkolin, tannin, riboflavin, dan phenol ada pada daun sukun. Kalium yang terkandung pada daun sukun dapat membuat batu ginjal berupa ca-oksalat menjadi tercerai-berai sehingga batu ginjal dapat larut bersama urine.
Nah itulah manfaat daun sukun, selain buah sukun yang dapat dimanfaatkan daun sukun pun sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Mari kembali menggunakan pengobatan alami, mari ambil manfaat daun sukun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar