Rabu, 03 Juni 2015

Manfaat Beras Merah Yang Lebih Berkhasiat

Manfaat Beras Merah. Ada yang kurang mengetahui apa itu beras merah, apa itu beras merah? Apakah itu jenis beras tersendiri? Beras merah adalah beras yang berwarna merah yang terjadi karena proses pengupasan beras yang kurang sempurna sehingga masih menyisakan lapisan luar kulit beras. Bukannya kurang baik, kondisi beras seperti ini malah memberikan nutrisi yang sangat baik karena lapisan luar beras tersebut mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh.
Sangat berbeda dengan beras yang pengelupasannya yang sempurna, nutrisi yang terdapat pada lapisan kulit kemudian menghilang seiring pengelupasan yang dilakukan. Oleh karena itulah beras merah sangat unggul disisi kandungan nutrisinya. Seiring lebih banyaknya kandungan gizi, tentu beras merah mempunyai manfaat yang lebih banyak dibanding beras biasa. Nah, apa saja manfaat beras merah bagi kesehatan manusia? Ini dia ulasannya.

Manfaat Beras Merah

1. Mengenyangkan Perut
British Journal of Nutrition menemukan bahwa dengan mengonsumsi karbohidrat yang kompleks, seperti yang terdapat pada beras merah akan membuat perut anda lebih cepat kenyang hingga berjam-jam lamanya dan makan tidak lebih dari 320 kalori perhari. Ini membantu anda menjaga kesehatan karena perut anda tidak terlalu penuh.
2. Mengendalikan Gula Darah
Beras merah mempunyai indeks glikemik yang rendah, dengan indeks glikemik yang rendah tersebut, beras merah berkapasitas dalam pengaturan kadar gula darah dan juga produksi insulin. Selain itu, beras merah adalah sumber energi baik yang diperlukan tubuh.
3. Kaya Serat
Beras merah memang kaya akan serat yang baik untuk pencernaan, ini lebih baik dibanding beras biasanya yang hanya mempunyai kerbohidrat sederhana. Beras merah juga kaya akan karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk kesehatan.
4. Menurunkan Kolesterol Jahat
Beras merah membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Nasi merah yang diolah dari beras merah dapat menjadi makanan pokok dan sumber karbohidrat yang baik bagi kesehatan tubuh sekaligus menurunkan kadar kolesterol. Beras merah juga mengandung antioksidan yang menangkal radikal bebas serta vitamin B6 yang baik untuk menjalankan fungsi organ.
manfaat beras merah
Sekarang sudah tahu kan manfaat dari beras merah? Jika belum pernah makan beras merah, kami sarankan anda untuk mencobanya. Alangkah baiknya jika kita mengganti nasi putih yang biasa kita makan dengan nasi merah dari beras merah agar mendapatkan manfaat beras merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar