Minggu, 31 Mei 2015

Manfaat Dan Kandungan Nutrisi Tahu Bagi Kesehatan

Tahu merupakan makanan yang sangat sering disantap oleh masyarakat di Indonesia. Pada artikel yang lalu kita telah belajar tentang cara membuat tahu , namun sekarang kita akan menelusuri manfaat tahu bagi kesehatan tubuh manusia. Sebelum membahas manfaat tahu, kita cari tahu dulu kandungan nutrisi yang ada pada tahu yuk.

Kandungan Nutrisi Tahu

Sebagai bahan olahan dari kacang kedelai, tahu sangat kaya akan protein. Protein nabati pada tahu merupakan protein yang sangat baik karena asam amino lengkap dan mudah dicerna. Selain protein yang sangat baik tahu juga mempunyai kandungan lainnya yang baik seperti lemak, karbohidrat, kalori dan mineral, vitamin E, vitamin B12, fosfor, vitamin B-kompleks seperti thiamin, riboflavin, kalium, kalsium dan yang sangat penting adalah kandungan sekitar 80% asam lemak tak jenuh tahu tidak banyak mengandung kolesterol. Hidrat arang dan kaloronya juga rendah dan ini baik untuk diet.
manfaat tahu putih

Manfaat Tahu Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan nutrisi pada tahu, yuk kita intip manfaat tahu untuk kesehatan tubuh kita. Silakan simak penjabaran dibawah ini.

1. Mencegah Penyakit Jantung
Manfaat tahu yang pertama dan penting adalah mencegah penyakit jantung. Hampir sama dengan manfaat tempe untuk kesehatan karena tahu dan tempe sama-sama terbuat dari kacang kedelai. Seperti yang diketahui, tahu dapat menurunkan LDL atau kolesterol buruk sehingga dapat mencegah penyakit jantung.

2. Menurunkan Berat Badan
Manfaat tahu berikutnya adalah menurunkan berat badan. Protein yang tinggi juga menyebabkan anda tidak mudah lapar, sedangkan kandungan kalorinya yang rendah. Menu tahu baik untuk diet
.
3. Mencegah Osteoporosis
Kandungan kalsium pada tahu sangat baik untuk kesehatan tulang, sehingga dapat menghindarkan dari penyakit-penyakit tulang seperti osteoporosis. Isoflavon yang terkandung pada kedelai dapat menjaga kepadatan tulang.

4. Mengatasi Masalah Menopause
Fitostrogen pada kedelai dapat menyeimbangkan fluktuasi hormon estrogen pada wanita yang sedang menopause. Hal ini dapat mengurangi hal-hal yang tidak nyaman pada wanita pada saat menopause seperti perut yang terasa panas.

5. Membantu Penderita Diabetes Dengan Masalah Ginjal
Gagal ginjal dapat disebabkan oleh diabetes. Diabetes adalah penyebab utama gagal ginjal dengan tanda awal adanya protein dalam urin. Sebuah penelitian menemukan bahwa protein kedelai (bahan dasar tahu) dapat menurunkan sekitar 10 persen protein yang ditemukan dalam air seni atau urin.
Itulah beberapa manfaat tahu untuk kesehatan tubuh manusia. Tahu bukan makanan sepele, mereka yang makan tahu adalah orang yang peduli dengan kesehatan. Mau dapat manfaat tahu untuk tubuh kita, yuk konsumsi tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar