Selasa, 02 Juni 2015

Manfaat Lobak Untuk Kesehatan

Mungkin masih banyak yang belum tahu dengan lobak, beda halnya dengan ibu-ibu yang sangat hobi masak yang pasti tahu apa itu lobak. Lobak memang sering kali digunakan sebagai bahan masakan sehingga lobak sangat familiar oleh ibu-ibu yang sering masak. Lobak dikenal sebagai sayuran akar yang mempunyai khasiat untuk tubuh manusia. Anda pernah makan lobak?
Karena sifatnya lobak kerap dikenal sebagai sayuran yang memiliki sifat obat. Ia memainkan peranan penting untuk tubuh manusia. Banyak orang yang belum tahu manfaat lobak untuk kesehatan tubuh manusia. Yuk kita cari tahu apa manfaat lobak dalam ulasan yang ada di bawah ini.
manfaat lobak

Manfaat Lobak Untuk Kesehatan

1. Mencegah Kanker
Kandungan glucosinolates dalam lobak membantu tubuh mencegah kanker dan mengurangi efek dari penyakit kanker. Glucosinolates adalah bahan kimia alami dalam tumbuhan dan dipecah menjadi dua senyawa yakni indoles dan isothiocyanates. Keduanya senyawa tersebut dapat bertindak sebagai agen yang kuat untuk menghilangkan sel tumor dan dapat membantu mengurangi pertumbuhan sel ganas tersebut.

2. Mengatasi Insomnia
Manfaat lobak selanjutnya adalah dapat mengatasi insomnia. Ini adalah bagian dari khasiat lobak yang memiliki senyawa alkaloid yang dapat membuat syaraf menjadi lebih rileks dan tubuh pun mudah tidur dengan santai.

3. Membuat Awet Muda
Lobak ternyata memiliki antioksidan yang bagus untuk tubuh manusia. Lobak memiliki banyak anti-oksidan seperti Vitamin C, A dan E, mangan yang membantu dalam melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan DNA. Ini dapat membuat kulit tampak lebih muda.

4. Mencegah Penyakit Ginjal
Anda dapat mencegah penyakit ginjal dengan cara rutin minum air putih, cara lain adalah dengan mengkonsumsi lobak cina. Untuk menggunakan lobak menjadi . Caranya adalah dengan menyiapkan Lobak (1/2 Kg) dengan Gula batu (1/4 Kg) diblender dengan 8 gelas air. Setelah itu diamkan selama 8 jam dan airnya diminum pada pagi hari dan sore hari. Untuk penyakit ginjal ringan lakukan deminggu sekali, tetapi untuk gejala ginjal parah lakukan setiap hari.

5. Mengatasi Nyeri Sendi
Lobak memiliki vitamin K yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Memang vitamin K sangat diperlukan oleh tulang untuk pertumbuhan dan meredakan nyeri pada tulang.
Inilah beberapa manfaat lobak untuk kesehatan tubuh manusia. Mari kita konsumsi lobak untuk mendapatkan manfaat lobak yang begitu baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar