Senin, 01 Juni 2015

Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan

Mungkin belum banyak orang yang mengerti tentang daun sambiloto. Kabarnya daun sambiloto ini mempunyai banyak sekali khasiat yang baik untuk kesehatan manusia. Daun sambiloto atau Andrographis paniculata merupakan tumbuhan yang mudah hidup didaerah tropis. Tumbuhan sambiloto ini bisa saja hidup disemak-semak sekitar halaman rumah kita.
Manfaat daun sambiloto memang banyak, bahan alami sebagai obat tradisional memang terkadang mempunyai banyak manfaat dibanding obat-obatan kimia yang kurang sehat. Kandungan nutrisi pada daun sambiloto ini pun terbilang banyak. Senyawa andrograpolide, senyawa yang terkandung dalam daun ini pun mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Mau tahu manfaat daun sambiloto lainnya? Mari kita simak ulasan dibawah ini.

manfaat daun sambiloto
Daun Sambiloto

Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan

1. Melindungi Organ Hati
Senyawa andrograpolide yang terkandung dalam daun sambiloto mempunyai manfaat penting untuk melindungi organ hati dari efek negatif galaktosamin dan paracetamol.  Sehingga dengan begitu organ hati dapat terlindungi dari gangguan zat berbahaya.

2. Menghindarkan Penyakit Kanker
Senyawa andrograpolide dalam daun sambiloto dapat menurunkan enzim CDK4 sehingga dengan begini dapat menekan pertumbuhan sel kanker.

3. Mengobati Demam dan Influenza
Siapkan bubuk kering sambiloto sebanyak 1 g kemudian diseduh dengan satu cangkir air panas. Setelah dingin diminum sekaligus, Lakukan 3 – 4 kali sehari.

4. Mengurangi Kadar Gula
Percobaan farmakologi yang telah dilakukan menunjukan air rebusan daun sambiloto 10% dengan takaran 0,3 ml/kg berat tubuh dapat memberikan penurunan kadar gula darah yang sebanding dengan pemberian subpensi glibenclamid.

 5. Tifoid
Manfaat daun sambiloto yang terakhir adalah untuk mengobati tifoid. Siapkan daun sambiloto segar sebanyak 10 sampai 15 lembar kemudian direbus dengan dua gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, tambahkan madu secukupnya lalu diminum sampai habis.
Pengobatan menggunakan daun sambiloto adalah pengobatan secara alami, pengobatan secara alami lebih menyehatkan bila dibandingkan pengobatan dengan memakan obat obatan kimia. Sebenarnya masih banyak manfaat daun sambiloto lainnya seperti menurunkan tekanan darah, mengobati tifus, dan lain sebagainya. Rasanya memang  pahit, namun khasiatnya luar biasa.
Jika artikel tentang manfaat daun sambiloto ini bermanfaat silakan share/bagikan kepada teman-teman anda melalui media sosial, selamat berbagi dan budayakan hidup sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar