Senin, 01 Juni 2015

Manfaat Daun Meniran dan Akarnya

manfaat daun meniranBanyak orang yang belum tahu tentang daun yang satu ini. Daun meniran adalah daun yang biasanya berwarna hijau bersirip dan berukuran kecil-kecil. Dalam satu tangkai dapat mempunyai belasan daun. Tumbuhan ini tumbuh dihutan dan disemak-semak pekarangan kita. Bagi orang yang tinggal di desa mungkin sudah akrab dengan tumbuhan yang satu ini, berbeda halnya dengan dikota yang umumnya tumbuhan meniran jarang tumbuh. Pohon meniran biasanya mempunyai ketinggian kurang dari 50cm.
Daun meniran yang berukuran mungil ini mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan manusia. Namun banyak orang yang kurang menyadari bahwa daun meniran ini sangat bermanfaat dan beranggapan hanya bagian dari rumput liar saja. Nah, apa sajakah manfaat daun meniran untuk kesehatan tubuh manusia? Berikut ini ulasannya.

Manfaat Daun Meniran Dan Akarnya

1.  Mengobati Rematik
Tahukah anda bahwa daun meniran dapat mengobati rematik? Inilah manfaat daun meniran yang pertama, mengobati rematik. Caranya adalah sediakan 1 sendok makan daun meniran dan 7 lembar daun kumis kucing, rebus menggunakan segelas air hingga air tersisa setengahnya, dinginkan lalu minum sampai habis.

2. Menjadi Anti Kanker
Daun meniran juga dapat berperan menjadi anti kanker yang baik bagi tubuh. Anti kanker dari daun meniran ini akan merangsang aktivitas sel pembunuh kanker yang menghancurkan sel kanker.

3. Mengobati Batu Ginjal
Manfaat lain daun meniran adalah dapat mengobati batu ginjal. Caranya adalah dengan cara menyiapkan 5 tanaman meniran beserta batang dan akar (cuci sampai bersih) rebus beserta 15 helai daun kumis kucing menggunakan dua gelas air sampai mendidih hingga tertinggal setengahnya. Dinginkan dan minum ramuan ini 3x sehari.

4. Melancarkan Air Seni
Untuk dapat melancarkan air seni, anda dapat menyiapkan tanaman meniran dari daun hingga akar (cuci sampai bersih) lalu direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Dinginkan lalu minum 3x sehari.

5. Akar Meniran Mengobati Sakit Gigi
Tidak hanya bagian daun saja, ternyata akar meniran juga sangat mujarab untuk mengobati sakit gigi. Caranya adalah dengan mengunyah akar meniran dengan memakai gigi yang sedang sakit.


Begitu banyak manfaat yang dapat kita ambil dari daun meniran, anda akan menemui banyak manfaat dari alam jika anda mau belajar. Budayakan menggunakan bahan-bahan alami untuk setiap keluhan kesehatan anda. Jika menurut anda artikel tentang manfaat daun meniran bermanfaat, silakan share/bagikan melalui sosial media agar orang lain mengetahuinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar