Selasa, 02 Juni 2015

Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal daun saga? Mungkin banyak orang yang belum mengenal daun saga, bagaimana bentuk dan warnanya. Pohon saga adalah pohon yang buahnya menyerupai petai, pohon ini berasal dari asia selatan. Pohon ini sering digunakan untuk pohon peneduh ditepi jalan. Daun pohon ini menyirip ganda kekanan dan kekiri. Biji saga yang berwarna merah dan dapat dijadikan sumber energi alternatif biodiesel.
Selain bijinya, manfaat daun saga juga beragam. Daun saga selain dapat dikonsumsi langsung, daun ini juga mempunyai zat yang berguna untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan yang menjangkiti. Seperti kandungan alkanoid pada daun saga yang dapat menyembuhkan penyakit rematik. Selain itu apa saja manfaat daun saga untuk kesehatan? Silakan simak ulasan berikut ini.
manfaat daun saga

Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan

1. Mengatasi Darah Tinggi
Manfaat daun saga yang pertama adalah dapat mengatasi darah tinggi. Caranya adalah dengan menyiapkan daun saga manis, daun kaki kuda, daun selamagi, buah waluh putih, dan daun kejibaling. Setelah itu rebus dengan 4 gelas air dan biarkan hingga tersisa setengahnya. Dinginkan lalu minum.

2. Sebagai Obat Amandel
Manfaat daun saga lainnya adalah dapat mengobati amandel. Caranya adalah dengan menyiapkan daun dan akar daun saga kemudian bersihkan di tambahkan gula batu, kayu manis yang sudah di cuci bersih setelah itu rebuslah dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. Dinginkan dan minum pada pagi dan sore.

3. Mengobati Batuk Kering
Untuk mengobati batuk kering dengan daun saga caranya adalah dengan menyiapkan daun saga secukupnya cuci hingga bersih tambahkan daun asam, kayu manis dan rebus menggunakan 2 gelas air hingga tersisa setengah gelas. Dinginkan dan minum 2x sehari.

4. Obat Bronkitis
Untuk mengobati bronkitis, anda dapat menyiapkan 15 lembar daun saga yang masih fresh. Kemudian rebus dengan 2 gelas hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan lalu minum.
Itulah beberapa manfaat daun saga yang banyak orang kurang memperhatikan. Awas, jangan sampai biji saga tertelan karena akan berefek buruk. Silakan share/bagikan kepada orang lain melalui media sosial media jika artikel manfaat daun saga ini bermanfaat bagi anda, utamakan pengobatan alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar