Selasa, 02 Juni 2015

Manfaat Daun Pegagan

Mungkin kita pernah melihat bermacam-macam daun namun tidak mengerti apa nama daun tersebut. Ini kemungkinan terjadi pada daun yang satu ini, daun pegagan. Tidak banyak orang yang mengetahui namanya namun sering kali orang melihatnya. Tanaman ini biasanya tumbuh liar di kebun hingga di pematang sawah. Pohon pegagan tumbuh di asia tropik, tumbuhan ini banyak punya nama lain daun kaki kuda dan antanan.
Tidak hanya tanaman liar, daun pegagan mempunyai manfaat yang begitu baik bagi tubuh manusia. Kandungan yang ada dalam daun pegagan juga begitu beragam. Daun pegagan mempunyai kandungan madasiatic acid, meso-inositol, asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi.

Manfaat Daun Pegagan

Nah, apa saja manfaat daun pegagan untuk kesehatan manusia? Pada zaman dahulu daun pegagan banyak digunakan sebagai obat kulit, memperbaiki peredaran darah dan gangguan syaraf. Sebagian orang mengkonsumsinya dengan cara dijadikan lalapan.
manfaat daun pegagan
Apa benar daun pegagan mempunyai manfaat yang seperti cerita zaman dahulu? Dari literatur yang kami kutip dari wikipedia, Pegagan berasa manis, bersifat mendinginkan, memiliki fungsi membersihkan darah, melancarkan peredaran darah, peluruh kencing (diuretika), penurun panas (antipiretika), menghentikan pendarahan (haemostatika), meningkatkan syaraf memori, anti bakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, hipotensif, insektisida, antialergi dan stimulan. Saponin yang ada menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid).
Daun pegagan juga dapat menyembuhkan depresi, luka bakar, meningkatkan daya ingat, meningkatkan stamina, mencegah varises dan lainnya. RSU Dr Soetomo Surabaya pun menyebutkan bahwa daun pegagan dapat menurunkan tekanan darah walaupun tidak signifikan, namun ini sangat baik untuk lansia.

Pengolahan Daun Pegagan

Pengolahan daun pegagan sangat beragam, orang jawa barat banyak menjadikan daun pegagan menjadi lalapan. Selain untuk lalapan daun pegagan juga diolah menjadi teh, kapsul, salep, hingga body lotion. Kini pun tersedia kapsul, salep dan body lotion yang terbuat dari ekstrak daun pegagan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar