Selasa, 02 Juni 2015

Khasiat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Beberapa bahan-bahan dari tumbuhan (termasuk umbi) memang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Termasuk jahe yang telah kita kenal selama ini, namun bukan jahe yang biasa yang akan kita bahas. Yang akan kita bahas adalah khasiat jahe merah yang mempunyai manfaat beragam bagi tubuh manusia. Apakah anda sudah pernah menjumpainya atau malah sering mengkonsumsinya?
Mengkonsumsi jahe merah memang dianjurkan karena khasiatnya yang begitu baik bagi tubuh. Tanaman ini dapat tumbuh diberbagai macam jenis tanah pada ketinggian 0 – 900 meter diatas permukaan air laut. Jahe merah sangat baik dibudidayakan pada daerah beriklim tropis seperti di Indonesia. Red ginger adalah nama lain dari jahe merah yang umumnya mempunyai rasa sedikit pedas. Lalu apa khasiat jahe merah?

Khasiat Jahe Merah

Jahe merah umumnya dikenal oleh banyak orang sebagai obat batuk, obat sakit kepala, masuk angin dan obat gosok. Tanaman yang dimanfaatkan pada bagian rimpangnya karena mempunyai sifat sebagai anti inflamasi, anti trombbotik, anti hiperglikemia, anti mikroba, anti emetik, anti depresan, anti-karsinogen dan juga anti tumor.
Ada kandungan senyawa yang dikandung dalam rimpang jahe merah yang mempunyai efek darmakologis seperti memperlambat proses penuaan, merangsang regenerasi sel kulit, merangsang gairah seks pria dan wanita, menghambat keluarnya enzim 5-lipoksigen- serta meningkatkan aktivitas kelenjar endoktrin. Jahe merah pun juga dapat menyembuhkan batuk kering menahun, gatal-gatal, luka lecet, luka bakar, luka tikam, gigitan ular, serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.
Manfaat khasiat jahe merah memang sangat beragam, anda dapat menyeduh jahe merah untuk mengkonsumsinya, namun jika anda kesulitan mendapatkan jahe merah anda dapat membeli minuman herbal jahe merah dalam bentuk serbuk atau kapsul.
manfaat dan khasiat jahe merah
Namun, bagi anda penderita maag harap berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum meminum minuman ini. Gingerol dalam jahe dapat membuat lambung panas dan iritasi. Selain dari itu khasiat jahe merah memang sangat baik bagi tubuh manusia, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsinya dalam takaran pas dan tidak berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar