Rabu, 03 Juni 2015

Manfaat Buah Kersen dan Daunnya

. Buah ini (buah Kersen) mempunyai banyak nama yang tergantung pada letak daerahnya. Kalau di daerah di pulau Jawa, khususnya bagian tengah banyak yang menyebutnya sebagai buah talok. Buah ini berukuran kecil mungil dan berwarna merah menggoda saat matang. Biasanya anak-anak suka memakan buah ini bersama teman-teman mereka. Namun, buah ini tidak banyak dikonsumsi orang dewasa.
Buah mungil ini ternyata mengandung banyak khasiat untuk kesehatan, manfaat buah kersen memang begitu baik untuk manusia. Akan tetapi banyak yang menganggap remeh buah ini sehingga mengabaikan keberadaan buah ini. Buah yang pohonnya tumbuh liar tersebut mempunyai manfaat sebagai berikut dibawah ini.

Manfaat Buah Kersen

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Buah ini memang kaya akan manfaat vitamin C, terutama pada buah yang telah masak. Vitamin C sangat bermanfaat untuk mencegah bibir pecah-pecah/sariawan, juga sangat membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Mengobati Penyakit Kuning
Penelitian para ahli dibidangnya menyebutkan bahwa buah kersen dapat membantu mengobati penyakit kuning, kolesterol jahat hingga radang tenggorokan. Tidak hanya buahnya, daun dan bunganya pun bermanfaat membantu menyembuhkan penyakit tersebut. Pada penyakit hepatitis, anda dapat mengobatinya menggunakan 30 gram bunga kersen yang direbus dengan segelas air dan minum air rebusan tersebut 2 – 3 kali sehari sampai sembuh.

3. Daunnya Sebagai Obat Kolesterol
Anda dapat mengatasi kolesterol jahat dengan meminum rebusan 2 genggam daun kersen dengan 3 gelas air. Rebus hingga air tersisa 1 gelas kemudian minum sekitar 3 kali sehari.
manfaat buah kersen - talok
Nah, kini sudah mengerti kan manfaat buah kersen untuk kesehatan. Namun bagi anda penderita diabetes, tidak dianjurkan untuk makan buah kersen karena mengandung gula yang cukup banyak, terutama buah yang masak. Anda sedang sariawan? Mari ambil manfaat buah kersen sebagai obat alaminya.

1 komentar:

  1. wah oke juga nih khasiatnya, sangat menarik sekali...

    http://toko-greenworld.com/

    BalasHapus