Kamis, 28 Mei 2015

Penyebab Gigi Berlubang

Rupanya gula bukan satu-satunya penyebab gigi berlubang. Waktu kecil kita sering dilarang untuk makan permen terlalu sering. Itu karena gula yang ada dalam permen tersebut menjadi salah satu penyebab gigi berlubang. Apakah makanan manis dapat menyebabkan gigi berlubang? Jawabnya bisa ya dan bisa juga tidak. Gula atau makanan manis rupanya bukan satu-satunya penyebab gigi berlubang ada hal lain yang sama beresikonya untuk membuat gigi berlubang.
Satu hal yang paling umum yang dapat menyebabkan gigi berlubang adalah bakteri dalam mulut. Beberapa bakteri dapat menjadikan gigi berlubang, walaupun tidak semua bakteri itu buruk.

penyebab gigi berlubang
Mecegah Gigi Berlubang
Jika gula bukan satu-satunya penyebab gigi berlubang, lalu apa lagi yang dapat menyebabkan gigi berlubang? Jawabnya adalah plak yang ada pada gigi. Plak terbentuk didalam mulut. Ketika kebersihan mulut tidak tergaja atau kurang dibersihkan secara baik maka plak akan terbentuk. Jika ini dibiarkan maka akan bakteri dapat membentuk lapisan plak pada gigi. Semakin lama akan mengeras dan menjadi tempat bermukim banyak bakteri.
Gigi yang jarang digosok akan menjadi sarang bakteri. Dan semakin besar resiko gigi berlubang. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa giginya sedang mengalami proses dilubangi oleh bakteri. Sedikit demi sedikit gigi akan berlubang, dan saat bakteri masuk kedalam gigi yang mempunyai syaraf maka saat itulah anda baru merasakan sakit. Oleh karena itu, jagalah kebersihan gigi dan mulut.
Lalu bagaimana cara untuk mencegah gigi berlubang? Jawabnya sudah jelas, pelihara kebersihan gigi secara teratur dengan menggosok gigi pada pagi dan malam hari menjelang tidur. Anda juga dapat berkumur dengan air putih setiap selesai makan agar penyebab gigi berlubang menghilang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar