Kamis, 28 Mei 2015

Cara Mencegah Diabetes Dengan Makan Buah

Diabetes bisa menyerang siapa saja, namun ada banyak cara mencegah diabetes tersebut. Penyakit diabetes memang banyak menghantui orang-orang disekitar kita, atau bahkan kita sendiri. Banyak orang yang berusaha mengurangi konsumsi gula untuk menghindari diabetes, apakah itu efektif? Ada cara yang lebih efektif untuk mencegah diabetes, yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan tertentu.
Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa mengkonsumsi buah apel dua kali dalam seminggu dapat menurunkan resiko terserang penyakit diabetes tipe 2 sebanyak 23 persen. Tidak hanya apel saja, rupanya buah-buahan seperti blueberry dan anggur juga mempunyai khasiat yang serupa, yaitu dapat mencegah diabetes. Buah yang manis-manis ini ternyata justru dapat menjadi salah satu cara mencegah diabetes.

cara mencegah diabetes dengan buah apel
Cara mencegah diabetes dengan Makan buah apel
Meskipun buah-buahan yang disebutkan diatas dapat mencegah diabetes, jika diolah menjadi jus dan kemudian dikonsumsi maka malah dapat menyebabkan resiko terserang penyakit diabetes justru meningkat. Maka mengkonsumsi buah secara utuh atau langsung lebih direkomendasikan.
Sebuah penelitian dari Brigham Women’s Hospital yang mengamati konsumsi buah dan juga jus buah para responden. Penelitian tersebut memberikan hasil kalau buah sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk utuh daripada dibuat menjadi jus jika memang ingin menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2. Dan itu menjadi salah satu cara mencegah diabetes.
Kenapa mengkonsumsi buah apel yang diolah menjadi jus dapat menurunkan resiko diabetes? Itu dapat terjadi karena kadar indeks glikemik dalam minuman tersebut menjadi lebih tinggi. Buah memang umumnya dapat memecah kadar gula di dalamnya jika diubah menjadi minuman jus. (Baca juga : Manfaat buah apel lainnya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar