Minggu, 31 Mei 2015

Manfaat Tidur Siang

apakah anda sering tidur siang? Mungkin beberapa orang tidak melakukan tidur siang karena bisa dianggap sebagai orang pemalas yang tidur disaat waktu dapat dihabiskan dengan bekerja. Ini adalah pemikiran yang salah karena tidur siang adalah kegiatan yang sehat, dan para ahli kesehatan telah banyak yang menganjurkannya.
Manfaat tidur siang untuk kesehatan cukup banyak, oleh karena itu banyak sekali kantor-kantor yang menerapkan tidur siang bagi para karyawannya. Sekolah pun banyak yang menerapkan tidur siang untuk murid-muridnya, mereka tahu manfaat tidur siang sangat baik untuk kesehatan. Nah apa saja manfaat tidur siang untuk kesehatan? Silakan simak ulasan manfaat tidur siang berikut ini.

4 Manfaat Tidur Siang

manfaat tidur siang
1. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus
Jika anda disiang hari merasa mengantuk, ada baiknya anda beristirahat dan melakukan tidur siang sejenak. Tidur siang dapat mengembalikan konsentrasi dan fokus kita. Oleh karena itu setelah tidur siang maka kita akan segar kembali dan dapat melanjutkan aktivitas kita dengan baik.

2. Tidur Siang Mengurangi Resiko Sakit Jantung
Manfaat tidur siang selanjutnya adalah dapat mengurangi resiko sakit jantung. Tidur siang memiliki fungsi resonatif yang menghilangkan efek negatif tidur malam yang pendek, sedangkan tidur malam yang pendek dan kurang berkualitas dapat memicu sakit jantung. Dengan kata lain tidur siang dapat mengganti kualitas tidur malam yang kurang berkualitas.

3. Merawat Otak
Ingin tidak cepat pikun? Silakan biasakan tidur siang. Menurut sebuah penelitian, manfaat tidur siang sangat baik untuk kesehatan otak karena pada saat tersebut otak sedang melakukan perawatan kognitif dan pengorganisasian informasi. Oleh karena itu tidur siang dapat meningkatkan daya ingat.

4. Menghidupkan Sunnah
Bagi anda orang muslim, tidur siang merupakan sunnah rasul. Dengan melakukan tidur siang dan berniat melaksanakan sunnah, anda mendapatkan dua keuntungan. Anda menjadi sehat dan anda melaksanakan sunnah nabi.
Itulah beberapa manfaat tidur siang yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Tidur siang paling baik dilakukan setelah pukul 12, atau beberapa referensi menyebutkan sekitar jam 2 siang. Namun jangan sekali-kali anda tidur pada sore hari menjelang pukul 5 atau 6, karena jika anda tidur pada waktu ini anda dapat mengalami pengaruh buruk imsomnia. Mari dapatkan manfaat tidur siang untuk kesehatan anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar