Senin, 25 Mei 2015

Manfaat Sauna Bagi Tubuh dan Efek Sampingnya

Manfaat sauna bagi tubuh memang baik, banyak sekali manfaat sauna yang bisa anda dapatkan untuk kesehatan tubuh anda. Banyak orang yang menjadikan mandi sauna sebagai sebagai gaya hidup modern, terutama kebanyakan pada kaum hawa. Mandi sauna juga merupakan salah satu perawatan kecantikan tubuh. Tapi jangan salah lho, mandi sauna juga sering di jalani oleh laki-laki juga.
Manfaat sauna bagi tubuh memang begitu baik, namun tahukah anda darimanakah kebiasaan mandi sauna ini? Sauna tercatat berasal dari Finlandia, Eropa. Manfaat sauna selain untuk kesehatan tubuh juga dapat di gunakan untuk perawatan kecantikan alami. Nah, ingin tahu apa sajakah manfaat sauna untuk tubuh manusia? Silakan simak ulasan berikut ini.
Tempat untuk mandi sauna - Manfaat Sauna
Tempat untuk mandi sauna

Manfaat Sauna Bagi Tubuh

Manfaat sauna yang pertama adalah dapat membersihkan racun yang ada pada tubuh manusia. Racun yang ada pada tubuh manusia bisa saja masuk kedalam tubuh melalui makanan yang tidak benar-benar sehat. Dengan melakukan mandi sauna, racun yang menumpuk bisa dikeluarkan.
Mandi sauna biasanya dilakukan tidaklah dalam waktu yang lama, melakukan mandi sauna selama 10 – 15 menit sudah bisa didapatkan hasil yang maksimal. Jangan lupa sebelum dan sesudah melakukan sauna untuk meminum air terlebih dahulu.
Selain itu manfaat sauna dapat digunakan untuk relaksasi fisik dan mental. Ini berarti sauna dapat mengatasi gangguan stress dan dapat merelaksasi. Gangguan tidur seperti Insomsia pun juga ampuh diobati dengan melakukan mandi sauna.

Manfaat Sauna Untuk Diet

Nah, adalah manfaat mandi sauna untuk diet? Jawabnya ada. Anda dapat memanfaatkan sauna untuk menurunkan berat badan. Bagi orang yang obesitas juga dapat melakukan mandi sauna untuk menurunkan berat badan. Mandi sauna dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini sangat cocok bagi anda yang sedang menjalani proses diet atau merampingkan tubuh.
Selain beberapa manfaat sauna untuk diet, mandi sauna juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit pada otot, merangsang peredaran darah serta membersihkan kulit.

Efek Samping Mandi Sauna

Melakukan mandi sauna haruslah dilakukan secara hati-hati. Kenapa? Karena walaupun sauna merupakan kegiatan yang bermanfaat, tentu tetap saja ada efek buruknya. Anda diharapkan tidak melakukan sauna jika anda adalah seorang ibu hamil yang sedang mengalami gangguan pernapasan.
Lakukan mandi sauna dengan jangka waktu yang normal, 10 – 15 menit saja sudahlah cukup untuk mendapatkan manfaat sauna. Jangan sampai terlalu lama dalam mandi sauna karena akan banyak cairan tubuh yang hilang. Ini tentu tidak baik untuk jantung.
Nah, sekarang kita sudah mengerti manfaat sauna bagi tubuh manusia yang begitu baik, namun jangan sampai berlebihan karena dapat berefek buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar