Minggu, 31 Mei 2015

Manfaat Kencur Untuk Tubuh Kita

Kita seharusnya sangat bersyukur karena hidup di Indonesia yang mempunyai banyak sekali rempah-rempah. Jahe, kencur dan rempah-rempah lainnya dapat dengan mudah tumbuh di bumi Indonesia ini. Seharusnya, jika kita sedang sakit maka kita tinggal mencari obat herbal atau dari bahan alami di negeri kita karena tanaman obat tumbuh melimpah dinegeri kita.
Salah satu yang patut kita tahu adalah manfaat kencur karena negeri kita kaya akan kencur. Tanaman Kencur sendiri memang merupakan salah satu tanaman yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Masyarakat Indonesia sendiri sudah tidak asing lagi dengan kencur, bahkan kencur sering dijadikan bahan untuk jamu. Namun, apakah manfaat kencur bagi kesehatan tubuh manusia? Berikut ini manfaat kencur untuk kesehatan.

 Manfaat Kencur  Untuk Tubuh Kita

manfaat kencur bagi kesehatan
1. Mengendalikan Kolesterol
Manfaat kencur yang pertama adalah dapat mengendalikan kolesterol. Kencur merupakan tanaman yang berfungsi untuk meningkatkan aliran empedu. cairan empedu tersebut berfungsi dalam proses penyerapan makanan agar tidak terganggu sehingga bisa mengontrol kadar kolesterol jahat dan menormalkan.

2. Menambah Nafsu Makan
Benar saja jika kencur digunakan dalam bahan jamu. Mungkin seiring khasiatnya yang menambah nafsu makan, para peracik jamu menambahkan kencur untuk khasiat menambah nafsu makan.

3. Mengurangi Lemak
Anda sedang dalam program diet? Konsumsilah kencur karena kencur dapat menstabilkan berat badan sehingga bisa ideal, kencur juga memiliki senyawa yang bisa mencegah pembentukan lemak berbahaya pada tubuh kita.

4. Mengatasi Radang Sendi
Tahukah anda bahwa kencur dapat mengurangi radang sendi? Kurkumin yang ada dalam kencur berfungsi untuk anti radang.

5. Obat Awet Muda
Obat awet muda, kok bisa? Bisa, karena kencur mempunyai zat kurkumin yang juga berfungsi sebagai antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.
Itulah beberapa manfaat kencur bagi kesehatan tubuh manusia. Jika anda mempunyai keluhan kesehatan, jangan langsung diberi obat kimia. Namun lebih baik anda mencari obat alaminya karena obat alami/herbal akan lebih sedikit efek samping yang ditimbulkan. Jika artikel manfaat kencur ini bermanfaat, silakan share/bagikan kepada teman-teman anda melalui media sosial, salam sehat!

1 komentar:

  1. Sangat bermanfaat dan menambah wawasan. Kunjungi juga Bangkok Terbaik untuk membaca artikel menarik lainnya. Salam satu hobi

    BalasHapus