Sabtu, 30 Mei 2015

Manfaat Daun Mint

Tanaman mint adalah salah satu namanan herbal yang sangat populer didunia. Kegunaan atau manfaat daun mint sangat bervariasi dari untuk kesehatan hingga untuk kecantikan, ada juga yang menggunakannya sebagai bahan masakan. Ada beberrapa jenis tumbuhan mint yang memiliki aroma yang berbeda-beda. Tumbuhan mint juga dapat anda temui tumbuh liar ditepi sungai atau dihutan-hutan.
Tumbuhan mint lebih dikenal manfaatnya untuk pengobatan atau kesehatan. Tumbuhan mint ini memang memiliki aroma yang menyegarkan, ada sebuah fakta yang diungkap bahwa daun mint di Asia mempunyai rasa yang lebih kuat daripada daun mint yang ada di Eropa. Nah, lalu apa manfaat daun mint untuk kesehatan? Ingin tahu? Silakan simak ulasan berikut ini.

manfaat daun mint

Manfaat Daun Mint

1. Menghilangkan Bau Mulut
Ini sudah sangat jelas, banyak sekali yang menggunakan mint untuk menghilangkan bau mulut. Rasa mint memang sangat ideal untuk membuat nafas tidak sedap menghilang. Daun mint juga dapat membuat mulut tetap lembab karena merangsang produksi air liur.

2. Nyeri Otot
Minyak mint dapat digunakan untuk pijat. Minyak mint mampu meredakan nyeri otot dan rasa sakit. Pastikan untuk mengencerkan minyak mint sebelum digunakan.

3. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Daun mint dapat mengatasi gangguan pencernaan serta meringankan kejang perut. Mint memiliki efek anastesi ringan sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada perut.

4. Mengatasi Hidung Tersumbat
Mentol yang terkandung pada daun mint memang sudah kerap digunakan sebagai obat flu komersial. Sifat antibakteri yang dimiliki daun mint sangat baik untuk mengatasi infeksi akibat bakteri. Anda dapat membuat teh dari daun mint dan tetap mendapatkan manfaat daun mint.

5. Meredakan Stress
Aroma mint yang dibawa oleh daun mint dapat meringankan gejala stress. Sifat sedatif dan aktivitas antispasmodic dapat meredakan ketegangan sekaligus nyeri otot. Mint juga dapat mengundang rasa tenang.

6. Mencegah Kanker
Kandungan dan senyawa yang ada dalam daun mint begitu efektif mencegah resiko terkena kanker usus besar. Hal ini dapat terjadi karena kandungan vitamin C dalam daun mint yang begitu tinggi berperan sebagai antioksidan penangkal radikal bebas, penyebab kanker.
Itulah beberapa manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh kita. Anda dapat menikmati daun mint dalam bentuk teh namun tetap membawa manfaat daun mint yang begitu baik untuk tubuh manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar