Sabtu, 30 Mei 2015

Manfaat Buah Lontar Bagi Kesehatan

manfaat buah lontarSiapa yang tahu buah Lontar? Memang belum banyak yang mengenal buah lontar. Buah lontar mempunyai nama lain buah Siwalan yang merupakan buah dari pohon sejenis palem-paleman. Tidak disetiap daerah ada pohon lontar karena pihon lontar hanya ada didaerah pesisir kawasan timur seperti jawa timur hingga nusa tenggara. Pohon lontar memang kerap tumbuh didaerah yang berdekatan dengan laut.
Walaupun tidak banyak dijumpai disetiap daerahm buah lontar banyak digemari karena kesegarannya lho, rasa buah lontar mirip dengan kolang-kaling dan kelapa muda. Namun dibalik kesegarannya, buah lontar menyimpan rahasia. Ya, sebuah rahasia manfaat buah lontar yang amat baik untuk kesehatan. Nah apa saja manfaat buah lontar untuk kesehatan? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Manfaat Buah Lontar Bagi Kesehatan

1. Sebagai Sumber Karbohidrat
Daging buah lontar yang berwarna putih transparan merupakan bagian dari buah yang mempunyai karbohidrat berupa glukosa, sukrosa serta air. Kandungan protein, serat serta lemaknya rendah.

2. Liranya Sebagai Pengganti Cairan Tubuh
Sebatang pohon lontar dapat menghasilkan sekitar enam liter nira. Nah, nira inilah yang dipercaya dapat menjadi minuman isotonik atau minuman penganti cairan tubuh. Minuman isotonik ini hampir seperti minuman isotonik yang beredar dipasaran, namun minuman isotonik nira dari lontar ini lebih alami.

3. Pengobatan Sakit Liver
Bunga siwalan atau bunga lontar dapat digunakan sebagai obat untuk pengobatan sakit liver. Selain itu bagian buah yang tua dihunakan untuk obat  kulit (dermatitis).

4. Menjaga Kesehatan Ginjal
Legen yang dihasilkan dari pohon siwalan dipercaya dapat menjaga kesehatan fungsi ginjal. Namun kita harus berhati-hati kalau membeli karena pedagang kerap mencampurkannya dengan bahan lain. Alangkah baiknya jika kita mempunyai yang alami langsung dari pohon.


Buah Lontar disebut juga buah Siwalan
Itulah beberapa manfaat buah lontar. Buah lontar memang segar, namun kita juga perlu tahu faktor kesehatannya juga kan. Mungkin masih banyak orang yang belum pernah mencicipi buah yang segar ini, yuk makan buah lontar dan dapatkan manfaat buah lontar untuk kesehatan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar