Sabtu, 30 Mei 2015

Manfaat Daun Asam Jawa

manfaat daun asam jawa bagi kesehatanManfaat Daun Asam Jawa. Buah asam jawa adalah sejenis buah yang masam rasanya. Ada banyak sekali kegunaan buah asam jawa dalam kehidupan sehari-hari salah satunya adalah sebagai bahan masakan, contohnya adalah untuk membuat sayur asam. Namun kita tidak akan membahas buah asam ini karena kita akan membahas bagian daunnya, daun asam jawa. Tidak banyak orang yang mengetahui manfaat daun asam jawa untuk kesehatan, walaupun begitu daun asam jawa seringkali digunakan untuk obat herbal. Keunggulan pengobatan herbal adalah hampir tidak menimbulkan efek samping jangka pendek atau jangka panjang seperti obat kimia.
Manfaat daun asam jawa memang beragam seperti daun untuk pengobatan herbal lainnya. Daun asam jawa seringkali dicampurkan dengan bahan lain seperti kunyit untuk menjadi jamu. nah apa saja manfaat daun asam jawa untuk kesehatan tubuh manusia? Silakan simak beberapa ulasan berikut ini.


Manfaat Daun Asam Jawa

1. Sebagai Obat Bisul
Manfaat daun asam jawa yang pertama adalah dapat mengobati bisul. Caranya adalah dengan menyiapkan dua genggam daun asam tua dan muda (masing-masing segenggam) serta rimpang kunyit sebesar ibu jari. Bahan-bahan yang telah disiapkan tadi ditumbuk sampai halus dan setelah itu tempelkan pada bagian tubuh yang sakit
.
2. Mengobati Demam dan Batuk
Tahukah anda bahwa daun asam jawa dapat digunakan untuk mengobati demam dan batuk? Daun muda asam jawa yang direbus dapat digunakan untuk  mengobati demam dan juga batuk. (sumber : wikipedia)

3. Membuat Badan Menjadi Segar
Daun asam jawa yang masih muda dicampur dengan kunyit dan bahan lainnya dapat diolah menjadi jamu. Jamu tersebut dapat membuat badan menjadi lebih segar. Memang, manfaat daun asam jawa ini baik sehingga dimasukkan kedalam bagian dari jamu.
Itulah beberapa manfaat daun asam jawa untuk kesehatan tubuh. Ada banyak sekali daun-daunan yang dapat dijadikan obat herbal untuk mengobati penyakit-penyakit tertentu, tak terkecuali daun asam jawa ini. Manfaat daun asam jawa memang sangat baik untuk tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar