Sabtu, 30 Mei 2015

Manfaat Buah Pinang Untuk Kesehatan

Siapa yang tahu manfaat buah pinang? Wah, bentuk buahnya saja belum tahu, apalagi manfaatnya! Mungkin bagi sebagian orang buah pinang adalah buah yang kurang dikenal. Ada pribahasa bagai pinang dibelah dua, pribahasa tersebut menggambarkan dua bagian atau dua benda yang hampir sama persis, sama saja menjabarkan bahwa buah pinang yang mempunyai bentuk simetris. Buah pinang banyak ditemukan di Indonesia. Selain itu manfaat buah pinang sangat baik untuk kesehatan, buah pinang pun banyak diperdagangkan.
Tahukah anda bahwa manfaat buah pinang pada sisi medis mempunyai kebaikan?  Buah yang kalau sudah masak berwarna oranye ini mempunyai kegunaan, terutama untuk pengobatan penyakit. Nah, penasaran ingin tahu apa saja manfaat buah pinang ini? Langsung saja simak beberapa ulasan yang ada dibawah ini.
Manfaat buah pinang
Bentuk Buah Pinang

Manfaat Buah Pinang

1. Mengobati Cacingan
Manfaat buah pinang yang pertama adalah dapat mengobati cacingan, tentu dikombinasikan dengan bahan lain. Siapkan setengah jari rimpang temulawak, setengah jari rimpang kunyit dan tentu saja seperempat iris buah pinang. Semua direbus kemudian disaring airnya. Minum airnya setelah tidak panas.

2. Menguatkan Gigi dan Gusi
Manfaat buah pinang selanjutnya adalah dapat menguatkan gigi dan gusi. Anda dapat memetik satu buah pinang kemudian iris menjadi beberapa bagian, lalu kunyah-kunyah irisan tersebut.

3. Meningkatkan Gairah Seksual
Kabar gembira bagi pasangan suami istri. Buah pinang dapat digunakan untuk meningkatkan gairah seksual anda karena dalam buah pinang mempunyai kandungan arekolin, untuk memanfaatkannya anda cukup mengkonsumsi buah pinang yang belum mengeras. Anda dapat memotongnya kecil-kecil.

4. Mengobati Kudis, Demam Berdarah dan Disentri
Manfaat buah pinang selanjutnya adalah dapat mengobati kudis, demam berdarah serta disentri. Secara tradisional biji buah pinang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit tersebut.

5. Mengobati Luka
Buah pinang yang ditumbuk dan ditempelkan pada bagian kulit yang terluka juga dapat mengobati luka tersebut. Tentu saja ini bagian dari pengobatan tradisional.
Itulah beberapa manfaat buah pinang untuk kesehatan. Memang, mau sembuh dan sehat tidak perlu mahal karena tuhan sudah menyiapkan obatnya di alam, seperti manfaat buah pinang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar