Kamis, 28 Mei 2015

Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan

Bagi orang Indonesia mungkin buah kesemek adalah buah yang jarang dijumpai, pohon kesemek kurang tersebar di Indonesia, selain segar manfaat buah kesemek juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kesemek juga disebut dengan buah kaki, dalam bahasa Inggris disebut oriental (Chinnese/Japanese) Persimmon. Sedangkan nama ilmiahnya disebut dengan Diospyros kaki (kata ‘kaki’ dalam kata ini merujuk kepada zat tanin dalam bahasa Jepang) (Sumber : Wikipedia).
Buah kesemek berasal dari Tiongkok dan kemudian menyebar ke Jepang, kini buah tanaman ini sudah dibudidayakan dibanyak negara termasuk Indonesia, namun budidaya di Indonesia hanyalah untuk konsumsi lokal. Manfaat buah kesemek dapat dilihat dari kandungan yang terdapat pada buah tersebut. Tercatat buah kesemek segar mengandung kurang lebih 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa, 0,7% protein, vitamin A dan kalium. Kandungan nutrisi yang kaya membuat manfaat buah kesemek sangat baik bagi tubuh. Nah apa saja manfaat buah kesemek bagi tubuh kita? Silakan simak ulasan berikut ini.
manfaat buah kesemek, kesemek, manfaat kesemek
Buah kesemek berada di pohon

Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan

1. Menurunkan Darah Tinggi
Manfaat buah kesemek yang pertama adalah dapat digunakan untuk menurunkan darah tinggi. kandungan kalium pada buah kesemek dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu kesemek dapat mencegah stroke.
2. Daya Tahan Tubuh
Mengkonsumsi buah kesemek dapat menjaga daya tahan tubuh kita. Daya tahan tubuh yang optimal akan dapat menangkal serangan penyakit, terutama penyakit musiman seperti flu.
3. Baik Untuk Otak
Kandungan kolin dalam buah kesemek sangat baik bagi kesehatan otak manusia. Oleh karena itu mengkonsumsi buah kesemek dapat mencegah penyakit Alzeimer, dan baik untuk daya ingat.
4. Awet Muda
Manfaat buah kesemek selanjutnya adalah dapat menjadikan kita awet muda. Ini karena antioksidan yang terdapat pada buah kesemek dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga terhindar dari penuaan dini, antioksidan juga dapat mencegah sel kanker.
5. Melancarkan Pencernaan
Kandungan serat dalam buah kesemek sangat bermanfaat untuk organ pencernaan anda. Serat dapat melancarkan pencernaan sehingga dapat mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit.
Itulah beberapa manfaat buah kesemek yang baik bagi tubuh kita. Anda ingin mendapatkan manfaat buah kesemek yang baik, cukup makan buah kesemek dan dapatkan manfaatnya untuk kesehatan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar