Kamis, 28 Mei 2015

Dampak Negatif Gadget Untuk Anak

Dampak negatif gadget memanglah ada, terutama pada anak-anak. Anak kecil seharusnya lebih dibiarkan bebas bermain dialam sekitar, bergaul dengan kawan-kawannya dengan riang. Ini bukan berarti anak kecil tidak boleh mengoperasikan gadget, anak kecil boleh mengoperasikan gedget namun tidak boleh berlebihan. Apalagi mau tidur pun masih berkutat dengan gadget.
Jika anak anda sering menggunakan gadget sewaktu akan tidur, sebaiknya segera ubah kebiasaan tersebut karena kebiasaan tersebut berdampat negatif terhadap anak. Salah satunya adalah berdampak terhadap kualitas tidur si anak, hingga sang anak tidak merasakan tidur yang berkualitas. Inilah ulasannya untuk anda.

dampak negatif gadget
Dampak negatif gadget Untuk Anak
Sebuah penelitian yang meilbatkan sekitar 2000 siswa menyebutkan bahwa menggunakan gadget atau ponsel di atas tempat tidur akan mempengaruhi kualitas tidur anak.Kualitas tidur anak yang turun akan menyebabkan anak merasa kurang tidur sehingga kerap mengantuk pada siang hari. Ini akan sangat mempengaruhi prestasi sang anak jika disekolah sang anak kerap mengantuk atau bahkan tertidur dikelas. Dampak negatif gadget terasa begitu sang anak menurun prestasinya.
Nada serupa juga diungkap oleh penulis studi Jennifer Falbe dari Sekolah Kesehatan Masyarakat di Universitas California, Berkeley mengatakan bahwa menggunakan gadget lebih mengganggu kualitas tidur dibanding menonton televisi. Layar ponsel telepon pintar yang kecil membuatnya begitu mudah dioperasikan dimanapun, termasuk diatas kasur ketika menjelang tidur. Namun poin itulah yang menjadi masalah utamanya.
“Anak-anak yang tidur di dekat layar kecil (smartphone) lebih mungkin mengalami kurang tidur dibanding yang tidak,” kata Falbe, kemudian ia juga melanjutkan “Tidur penting untuk kesehatan anak, pengembangan dan kinerja anak di sekolah. Banyak anak yang tidak cukup tidur,”. Memang dampak negatif gadget kadang kurang dihiraukan.
Lalu bagaimana menetralisir dampak negatif gadget ini? Orangtua harus membuat aturan untuk mengatur jam malam untuk anak menggunakan perangkat elektronik. beri pengertian sang anak untuk tidak menggunakan telepon pintarnya di atas tempat tidur untuk menghindari dampak negatif gadget.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar