Kamis, 28 Mei 2015

Bahaya Membersihkan Telinga Pakai Cotton Bud

Saat telinga terasa tidak enak atau terasa berdengung, banyak diantara kita yang langsung menggunakan beragam cara membersihkan telinga, entah itu menggunakan cotton bud ataupun cara lainnya yang dianggap dapat menyelesaikan masalah gangguan pada telinga. Yang paling lazim dilakukan oleh kita adalah dengan menggunakan cotton bud. Sebelum cotton bud ditemukan, banyak orang yang membersihkan telinga dengan jari. Saat itu, cara membersihkan telinga dengan cara tersebut telah dirasa cukup.
Kini telah dikenal cotton bud. Pembersih telinga atau cotton bud kerap digunakan untuk membersihkan telinga. Jika Anda salah satu orang yang kerap memilih cara membersihkan telinga menggunakan cotton bud, sebaiknya perhatikan lagi penggunaan kapas tersebut. Ternyata cara membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud itu berbahaya. Ini dia penjelasannya.

Bahaya Membersihkan Telinga Pakai Cotton Bud

cara membersihkan telinga dengan cotton bud berbahaya
Ilustrasi
Terungkap dari sebuah studi dari Henry Ford Hospital yang mengungkapkan bahwa penggunaan kapas pembersih untuk telinga yang langsung masuk ke bagian dalam telinga bisa meningkatkan risiko kerusakan telinga pada bagian dalam. Oleh karena itulah penelitian tersebut hanya merekomendasikan penggunaan cotton bud untuk membersihkan telinga bagian luar saja, bukan untuk bagian dalam.
“Kotoran telinga secara alami melumasi dan melindungi telinga Anda dari elemen luar,” kata dermatolog Rachel Pritzker, Selasa (6/1/2015). Ada seorang bernama Jeffret Teague yang mengeluh karena telinganya menjadi tuli. Ternyata hal itu terjadi justru akibat dari efek samping ketika ia melakukan ear wax di mana kotoran telinga malah menyumbat saluran telinga sehingga pendengaran menjadi terhambat.
“Penelitian merekomendasikan penggunaan peroksida dingin atau campuran cuka dan air hangat, lalu Anda teteskan menggunakan pipet 4-5 tetes untuk mengairi saluran telinga,” kata Rachel kepada media. Sahabat KlikPintar, cara membersihkan telinga dengan cotton bud tetap diperbolehkan, namun dibatasi hanya pada bagian luar telinga saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar