Minggu, 21 Juni 2015

Cara Agar Pohon Mangga Berbuah


Agar Pohon Mangga Berbuah. Sahabat KlikPintar, banyak orang yang menanam pohon mangga agar kelak bisa berbuah dan dapat dinikmati buahnya atau untuk dijual. Tapi terkadang tanaman buah yang kita tanam tidak kunjung berbuah seperti yang kita inginkan. Pada umumnya kita menginginkan pohon yang berbuah secepat mungkin. Lalu bagaimana jika pohon mangga tidak kunjung berbuah? Mungkin ada yang salah dengan perlakuan anda pada pohon mangga anda.
Tentunya ada perawatan yang bisa anda lakukan pada pohon mangga anda. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar pohon mangga anda mudah berbuah. Berikut ini ulasannya.

Agar Pohon Mangga Berbuah

1. Kelembaban Tanah
Pastikan kelembaban tanah pada pohon mangga dalam tingkatan sedang dalam artian tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah. Bila kondisi tanah terlalu kering maka pohon mangga akan cepat memproduksi daun tetapi akan mudah berguguran. Jika terlalu basah maka pohon mangga akan cenderung banyak memproduksi daun. Pastikan saja kelembabannya dalam tingkat sedang.

2. Sirkulasi Udara
Pohon mangga suka dengan sirkulasi udara yang mengalir, leluasa. Jika tanaman disekitar pohon rapat maka akan menyebabkan pohon susah berbunga, oleh karena itu pohon mangga yang terlalu rapat akan kesulitan berbuah lebat.

3. Lakukan Pemangkasan
Lakukaklah pemangkasan pada dahan yang sekiranya tidak berguna, agar nutrisi yang ada dapat difokuskan untuk bunga bakal buah. Selain itu pemangkasan dapat menjadikan sirkulasi udara menjadi lebih leluasa mengalirkan udara.

4. Lakukan Pemupukan
Pemupukan bisa merangsang pertumbuhan bakal buah mangga. Lakukanah pemupukan dengan memberikan unsur fosfor sebagai perangsang pembungaan dan kalium sebagai pengatur nutrisi sehingga bakalan buah tidak mudah rontok. Anda dapat bertanya pada toko yang menjual berbagai macan pupuk untuk tanaman.

5. Berantas Hama
Hama yang menempel pada pohon mangga biasanya terdapat pada dahan dan daunnya. Ada yang berwarna hitam legam dan menyebabkan keringnya daun mangga. Segera bersihkan hama tersebut, anda bisa menggunakan pestisida namun tidak direkomendasikan.
Nah, banyak sekali yang menyebabkan terhambatnya pertumbuhan pohon mangga sehingga sulit untuk berbuah. Semoga artikel diatas membantu permasalahan pohon mangga anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar