Rabu, 03 Juni 2015

Manfaat Daun Sirih Merah

Daun Sirih Merah. Memang banyak diantara kita sudah mengetahui khasiat daun sirih yang begitu bermanfaat untuk mengobati berbagai keluhan penyakit seperti mimisan, mata merah, orang jawa biasanya menggunakannya untuk membersihkan mulut dan masih banyak lagi khasiatnya. Khasiat daun sirih tersebut memang sudah teruji melalui penelitian dan hingga kini penelitian tentangnya pun masih terus dikembangkan. 
Namun baru-baru ini daun sirih merah menjadi populer dikalangan masyarakat kita karena dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk mengatasi masalah kesehatan. Asal dari tanaman ini belum diketahui secara pasti, namun kerap di jumpai di Daerah Istimewa Yogyakarta, Papua, Jawa Barat dan beberapa daerah lain. Daun sirih merah ini juga memiliki khasiat yang sangat baik lho, beberapa diantaranya adalah seperti ulasan dibawah ini.
Daun Sirih Merah

Manfaat Daun Sirih Merah

1. Mengatasi Diabetes
Siapkan tiga lembar daun sirih merah setengah tua dan daun keenam atau ketujuh dari pucuk. Kemudian dicuci bersih semuanya, dan iris kecil-kecil. Rebus dengan air sebanyak tiga gelas atau 600 ml sampai mendidih hingga tersisa sekitar 1,5 gelas. Minum sehari tiga kali sebelum makan, setengah gelas setiap minum.

2. Sakit Jantung
Siapkan daun sirih berukuran sedang sebanyak 4 lembar atau ukuran kecil sebanyak 8 lembar. Cuci bersih setelah itu iris kecil-kecil. Rebus dengan air sebanyak 4 gelas atau 800 ml sampai mendidih dan tunggu hingga tersisa 2 gelas lalu saring. Ramuan ini diminum selagi hangat, minumlah dua kali sehari sebelum makan. Segelas setiap kali minum.

3. Memelihara Organ Kewanitaan
Siapkan daun sirih merah tua sebanyak 8 lembar dan dicuci bersih, setelah itu diiris-iris selebar 1 cm dan direbus dengan air 800 ml sampai mendidih. Setelah dingin, ramuan tersebut dapat dipakai untuk membersihkan organ kewanitaan, anda dapat memakai ramuan tersebut sebanyak dua kali sehari

4. Memelihara Organ Mulut
Siapkan daun sirih segar sebanyak 5 lembar, kemudian dicuci dan direbus dengan dua gelas atau sekitar 400 ml dan didihkan sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, dan ramuan telah siap untuk dipakai berkumur. Berkumurlah sebanyak 3 kali sehari.
Ramuan daun sirih merah ini sangat baik untuk mengobati gusi berdarah, sariawan, gigi berlubang, bau mulut, dan juga radang tenggorokan.

5. Mengatasi Radang Mata
Siapkan daun sirih merah yang agak muda atau daun kelima dari pucuk sejumlah 4 lembar, kemudian  dicuci hingga bersih. Setelah itu rebus daun tersebut dengan air dua gelas hingga mendidih dan biarkan hingga tersisa satu gelas. Dinginkan dan ramuan telah siap untuk merendam mata yang sakit. Bersihkan mata dahulu dengan air sebelum direndam dan jangan rendam mata melebihi 3 kali sehari untuk menghindari iritasi. Alangkah lebih baik jika menggunakan gelas khusus.
Itulah beberapa manfaat dari daun sirih merah, pengobatan alami lebih baik dari obat-obatan kimia, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar