Selasa, 02 Juni 2015

Manfaat Daun Bawang bagi Kesehatan

manfaat daun bawang
Rupanya sayuran hijau yang satu ini banyak sekali manfaatnya untuk tubuh manusia. Sayuran daun bawang atau yang biasa disebut loncang oleh sebagian orang kerap sekali dipergunakan untuk melengkapi masakan seperti masakan mie ayam, dan juga menjadi isi sayuran pada makanan martabak. Daun bawang memang sering dikatakan mempunyai aroma yang khas sehingga sulit untuk mencari penggantinya.
Manfaat daun bawang memang banyak untuk tubuh manusia. Salah satu manfaat daun bawang adalah untuk mengatasi anemia. Namun selain itu ada banyak manfaat lainnya yang penting juga untuk kesehatan tubuh manusia. Mau tahu beberapa manfaat lainnya? Ini dia manfaat daun bawang lainnya.

Manfaat Daun Bawang bagi Kesehatan

1. Sebagai Antibiotik
Manfaat daun bawang yang pertama adalah sebagai antibiotik yang sangat berguna untuk membunuh bakteri penyakit dengan sifat anti-bakterinya, sehingga melindungi tubuh dari infeksi.
2. Mengatasi Anemia
Daun bawang ternyata mampu mengatasi anemia karena mempunyai banyak kandungan zat besi. Daun bawang juga mengandung protein ferroportin yang berfungsi untuk membawa zat besi yang disimpan dari dalam sel ke luar sel. Peningkatan kadar zat besi dalam tubuh membantu meningkatkan jumlah darah dalam tubuh manusia.
3. Baik Untuk Jantung
Daun bawang begitu baik jika dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung karena daun bawang mempunyai kandungan polisulfida yang melindungi jantung dari penyakit. Sayuran ini juga mempunyai kandungan mineral, mangan yang mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh manusia.
4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Tahukah anda bahwa manfaat daun bawang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh? Daun bawang juga mempunyai kandungan allicin, senyawa belerang yang dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh manusia.
Nah itulah beberapa manfaat daun bawang yang begitu baik untuk tubuh manusia, oleh karena itu jangan lupa sisipkan beberapa sayuran hijau kedalam menu makanan sehari-hari kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar