Selasa, 02 Juni 2015

Cara Mengatasi Alergi Dingin

Mungkin tidak banyak orang yang mengalami kejadian semacam ini, alergi dingin kerap menjangkiti penduduk tropis yang terbiasa panas kemudian diwaktu tertentu cuaca menjadi dingin. Gejala yang ditimbulkan memang bermacam, ada yang flu dan bersin bersin. Yang lebih parah lagi, kulit menjadi memerah karena terlalu dingin.
Sebenarnya alergi dingin tidaklah ada. Mengapa tidak ada? Karena suhu dingin hanyalah menjadi pemicu yang memperparah suatu alergi. Katakanlah orang tersebut mempunyai alergi ringan yang biasanya tidak terasa, namun ketika suhu dingin datang suhu dingin tersebut memperparah kondisi alergi yang dialami sehingga kian terasa, maka orang menyebutnya alergi dingin padahal suhu dingin hanyalah sebuah pemicu saja. Berikut kita bedakan alergi dan pemicunya.
Penyebab Alergi
Penyebab alergi antara lain :
– Hirupan Nafas
– Makanan
– Kontak kulit terhadap benda
– Obat-obatan
Pemicu Alergi
Sedangkan pemicu alergi antara lain :
– Suhu (Panas & dingin)
– Stress/Cemas
– Kecapekan
– Hormon
alergi dingin

Alergi Dingin

Jelaslah sudah dingin hanyalah sebuah pemicu alergi, bukan semata-mata penyebab utama yang menjadikan alergi. Dingin hanyalah sebuah keadaan yang memicu kambuhnya alergi. Kadangkala orang yang mengklaim alergi dingin tetapi alerginya tidak kambuh pada saat berkunjung ke Eropa atau berada dibawah AC, ini karena hanyalah suhu dingin ‘tertentu’ yang menyebabkan alerginya kambuh.
Alergi memang bisa diwariskan karena faktor keturunan. Jika ‘alergi dingin’ tersebut begitu menggangu saat anda beraktivitas, maka bisa kita atasi dengan beberapa hal dibawah ini :
– Memakai pakaian hangat / jaket
– Minum minuman hangat, misalnya Jahe
– Menghindari benda dingin, kalau mandi pakai air hangat.
– Gunakan bedak / lotion yang mengandung histamin atau caladine, jika memang perlu
– Kalau memang perlu, konsumsi obat anti alergi karena pada umumnya obat anti alergi aman, Misalnya CTM (membuat mengantuk) atau cetirizine (tidak membuat mengantuk).
Dengan menjalani beberapa tips diatas, semoga masalah ‘alergi dingin‘ menjadi terselesaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar