Sabtu, 30 Mei 2015

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan. Apakah sahabat KlikPintar pernah donor darah? Atau malah takut donor darah? Mungkin diantara kita masih banyak yang takut untuk mendonorkan darahnya. Padahal manfaat donor darah itu sangat baik bagi kesehatan, badan akan terasa lebih sehat dan bugar. Memang pada kegiatan donor darah, sang pendonor harus memenuhi syarat-syarat tertentu sehingga dianggap layak untuk mendonorkan darahnya.
Syarat-syarat sebagai pendonor darah ada beberapa hal, salah satunya adalah orang yang berumur lebih dari 17 tahun, selain itu berat badan minimal 45 kilogram, nah kalau belum memenuhi syarat harap bersabar ya. Selain dua syarat tersebut, ada beberapa syarat medis seperti temperatur tubuh, tekanan darah dan lain sebagainya. Oh ya, donor darah tidak boleh terlalu sering, harus diberi jangka waktu minimal 3 bulan sekali. Kenapa banyak orang yang ingin donor darah? Salah satunya karena manfaat donor darah bagi kesehatan adalah sangat baik, mari kita simak ulasan manfaat donor darah bagi kesehatan berikut ini.
manfaat donor darah bagi kesehatan

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

1. Membakar Kalori
Manfaat donor darah bagi kesehatan yang pertama adalah dapat membakar kalori. Saat mendonorkan darah sebanyak 450ml maka anda membakar sebanyak 650 kal. Donor darah secara rutin membuat tubuh senantiasa fit.
2. Menyehatkan Jantung
Donor darah dapat menyehatkan jantung. Zat besi dalam darah akan meningkat. Kondisi yang seperti ini dapat membuat jantung senantiasa sehat.
3. Melepas Stress
Mendonorkan darah dapat mengurangi stress. Anda akan merasa lebih damai, pikiran tenang dan dapat lebih bersyukur saat mendonorkan darah yang membantu sesama.
4. Mencegah Kanker
Manfaat donor darah yang satu ini dapat mencegah penyakit. Ya, donor darah dapat mencegah kanker. Donor darah secara rutin akan menurunkan resiko penyakit kanker.
Itulah beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh manusia. Jika anda ingin sehat dengan donor darah maka anda tidak perlu takut lagi untuk donor darah. Karena donor darah tidak hanya bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan darah, tapi manfaat donor darah bagi kesehatan sang pendonor juga sangat baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar