Minggu, 31 Mei 2015

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Tempe Untuk Kesehatan

Tempe sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Hampir semua orang pernah makan tempe. Banyak orang yang sangat suka tempe, oleh karena itu hampir semua warung dan restoran di Indonesia menyediakan tempe. Tempe juga menjadi salah satu makanan khas Sleman, Yogyakarta , yaitu Jadah Tempe.
Manfaat tempe pun begitu baik untuk kesehatan, namun sayang dibeberapa tempat ada saja yang menganggap tempe adalah makanan kelas bawah. Itu adalah anggapan yang salah, sebaliknya tempe adalah makanan orang yang peduli akan kesehatan karena manfaat tempe sangatlah banyak untuk kesehatan. Nah, apa saja manfaat tempe untuk kesehatan. Sebelum mengulas manfaat tempe, kita lihat dulu kandungan nutrisi pada tempe.
manfaat tempe untuk kesehatan

Kandungan Nutrisi Pada Tempe

Nutrisi pada tempe memang beragam. Dalam 113,40 gr tempe, terkandung banyak nutrisi yang bagitu baik untuk tubuh, nutrisi tersebut antara lain adalah mangan (73 %), tembaga ( 30,5%), fosfor (28,6%), protein (41,2%), vitamin B2 (23,5%), magnesium (21,8%) serta kalori (12%).
Melihat kandungan nutrisi yang begitu beragam, tentu manfaat tempe tidak diragukan lagi. Nah, apa saja manfaat tempe? Silakan simak ulasan manfaat tempe berikut ini.

Manfaat Tempe Untuk Kesehatan

1. Menyehatkan Jantung
Manfaat tempe yang pertama adalah menyehatkan jantung. Protein yang berasal dari kedelai merupakan protein yang sangat berguna untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL). LDL adalah kolesterol jahat yang menyebabkan plak dalam pembulu darah sehingga dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

2. Protein Setara Daging
Silakan lihat kandungan nutrisi diatas, kandungan protein pada tempe mencapai 41%. Protein pada tempe ini sangat baik untuk kesehatan jantung kita.

3. Mencegah Kanker
Selain kaya serat, tempe sangat baik pada usus. Tempe mengikat racun-racun penyebab kanker yang masuk kedalam tubuh dan kemudian membuangnya. Oleh karena itu tempe sangat baik untuk mencegah kanker usus dan kanker payudara serta kanker prostat bagi pria.

4. Menstabilkan Gula Darah
Manfaat tempe yang terakhir dibahas kali ini adalah dapat menstabilkan gula darah ke taraf normal. Protein dan serat dalam tempe dapat menstabilkan gula darah dan menjaga agar tetap terkendali. Selain itu mengonsumsi tempe bisa membantu penderita diabetes mendapatkan asupan protein dengan kadar kolesterol yang rendah.
Itulah beberapa manfaat tempe untuk kesehatan. Konsumsilah tempe karena manfaat tempe sangat baik untuk tubuh kita, yuk makan tempe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar