Minggu, 24 Mei 2015

Cek Penyumbatan Pembuluh Darah di Otak Dengan DSA

Kini, penyumbatan pembuluh darah di otak sudah bisa diketahui lebih dini dengan menggunakan teknologi terkini. Penyumbatan pembuluh darah di otak sering kali mendatangkan penyakit, yaitu stroke. Stroke juga banyak yang berakhir dengan kematian. Pasien stroke yang berhasil bertahan biasanya mengalami cacat dalam jangka waktu yang lama.
Sedia payung sebelum hujan, akan lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Kini penyumbatan pembuluh darah di otak yang mengakibatkan penyakit stroke tersebut dapat diketahui dengan menggunakan teknologi terkini. Selain CT-Scan, Magnetic Resonance Imaging (MRI), Magnetic Resonance Angiogram (MRA), atau MRV (Magnetic Resonance Venography), kini penyumbatan pembuluh darah di otak dapat diketahui dengan menggunakan Digital Substraction Angiography (DSA).

Penyumbatan Pembuluh Darah di Otak
 Cek Penyumbatan Pembuluh Darah di Otak Dengan DSA
Dokter spesialis radiologi menyatakan bahwa DSA otak merupakan pemeriksaan golden standard dari pembuluh darah otak untuk melihat aliran di pembuluh darah arteri sampai ke jaringan lalu ke vena secara langsung dan terus menerus melalui alat angiografi atau kateterisasi.
Caranya adalah dengan memasukkan kateter melalui pembuluh darah lewat daerah paha yang kemudian akan terus naik ke bagian leher. Kemudian cairan heparin atau cairan fisiologis dan cairan kontras disemprotkan untuk mengetahui kondisinya.
Setelah itu dokter akan memantau atau memonitor kondisi anda melalui layar komputer. Dalam proses cek penyumbatan pembuluh darah di otak ini, pasien berada dalam keadaan di bius lokal sehingga masih dalam keadaan sadar.
Teknologi DSA ini bisa mendeteksi kelainan pembuluh darah di otak, contohnya seperti aneurisma (pelebaran pembuluh darah), AVM (Artery Venous Malformation), penyempitan, serta penyumbatan. Nah, Jika setelah di cek dan ditemukan adanya gangguan, pasien bisa mendapat penanganan atau pencegahan sesuai dengan kelainan yang dialami.
Selain dapat mendeteksi pembuluh darah di otak, teknologi ini dapat mendeteksi pembuluh darah pada bagian lainnya. Tingkat keberhasilan penggunaan alat ini pun mencapai 90%.
Pemeriksaan menggunakan DSA akan menghabiskan dana sekitar 20 juta rupiah. Bagaimana dengan anda, tertarik cek penyumbatan pembuluh darah di otak menggunakan DSA?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar