Rabu, 30 September 2015

cara pengobatan Penyakit Korep pada Ayam Aduan


Korep merupakan penyakit yang menyerang kulit ayam. pada kulit luar akan muncul putih seperti kena bedak. Korep ini berwarna putih, ayam yang terkena korep akan bermuka pucat, jika dipegang maka korep yang berwarna putih itu akan berjatuhan. Apabila kurang dalam perawatan, menjadikan penyakit itu yang menyerang kepala ayam bisa menjalar keseluruh tubuh dan menyebabkan ayam menjadi lemas. Korep ini juga menyebabkan kematian bila sudah menjalar ke seluruh tubuh ayam aduan.
Penyebab
Kurangnya kebersihan dari permukaan kulit ayam, Bisa juga disebabkan  pada waktu diadu kurang nya perawatan dalam membersihkan kepala isehingga menyebabkan korep.
Pencegahan
Penanggulangan dapat dilakukan setiap ayam habis diadu atau dicoba, dengan melakukan pembasuhan muka atau permukaan kulit ayam dengan air hangat. Setelah itu berikanlah anti biotic atau alcohol untuk menghindari infeksi dan juga mencegah munculnya korep.
Pengobatan
Ingat! Ayam yang terkena korep jangan dimandikan karena akan menjalar ke permukaan kulit yang lain melalui aliran air tersebut, Bila terkena korep maka caranya pengobatanya:


  1. bersihkan dengan sikat halus, hilangkan bintik bintik putih yang akan mudah berjatuhan bila kita gosok dengan kain atau sikat halus.
  2. Jemur ayam dibawah terik mathari kira kira hingga ayam keluar minyaknya pada kulit yang terkena korep, atau pori pori akan terbuka
  3. Oleskan Albert (obat Korep) ke bagian kulit yang terkena korep, kemudian jemur beberapa saat
  4. Teduhkan ayam ditempat yang tidak terkena matahari langsung
  5. Dalam waktu 3 hari korep ayam akan hilang dengan sendirinya, sehingga ayam bisa dimandikan seperti kebiasaan sehari hari
NB: bila korep sudah terlalu tebal maka cara ini bisa diulangi lagi setiap hari hingga ayam benar benar sembuh dari korep

Tidak ada komentar:

Posting Komentar