Senin, 22 Juni 2015

Manfaat Pohon Kelapa


Siapa yang tidak mengenak pohon kelapa, dahannya yang tinggi menjulang tanpa cabang yang ada. Daunnya yang memanjang adalah ciri khas pohon ini. Pohon kelapa identik dengan kebergunaan, kebermanfaatan dan juga tiada yang sia-sia atas keberadaannya. Saking besar kebermanfaatannya, gerakan pramuka pun menjadikan cikal atau tunas kelapa menjadi lambangnya yang menandakan seorang pramuka haruslah berguna di setiap waktu dan tidak ada hal yang sia-sia ketika melakukan sesuatu.
Nah kembali ke pohon kelapa, apa saja yang berguna dari pohon kelapa? Pertanyaan tersebut bisa dijawab dengan jawaban ‘semuanya sangat berguna’, benar sekali semua bagian pohon kelapa memang sangat berguna, terutama untuk kehidupan manusia. Dari akar, daun, lidi hingga buahnya pun sangat berguna atau bermanfaat. Banyak sekali manfaat pohon kelapa. Untuk mengetahui manfaat pohon kelapa, mari kita bahas satu persatu manfaatnya :

Manfaat Pohon Kelapa

1. Lidi
Lidi berasal dari bagian daun pohon kelapa, bagian lidi ini biasanya digunakan untuk membuat sapu lidi yang biasa digunakan untuk membersihkan halaman rumah atau pekarangan dari sampah sampah dedaunan yang berserakan.
2. Air Kelapa
Air kelapa berasal dari bagian buah kelapa, air kelapa ini biasanya langsung diminum oleh para penikmat citarasa air kelapa muda. Air kelapa muda sangat lezat dan bisa diolah menjadi minuman yang sangat menyegarkan. Saking banyaknya yang suka, banyak sekali orang-orang yang memperjual belikan air kelapa muda sebagai minuman yang segar dan dengan batok kelapa menjadi gelasnya.
3. Batang
Batang pohon kelapa biasa dijadikan sebagai kayu untuk membangun rumah. Inilah manfaat pohon kelapa sebagai bahan bangunan yang sampai sekarang masih banyak dipakai. Kayu kelapa pun juga diperjualbelikan karena banyak sekali yang memggunakan kayu ini untuk pembangunan.
4. Daun
Bagian daun juga sangat bermanfaat. Salah satu manfaat daun kelapa adalah untuk atap rumah pada zaman dahulu, tapi sekarang jarang dipakai karena mayoritas masyarakat sudah menggunakan genting. Daun kelapa juga dipakai untuk hiasan saat upacara pernikahan, daun kelapa yang muda berwarna cerah dan mudah meliuk-liuk sehingga dapat menjadi hiasan yang indah.
5. Tempurung Kelapa
Tempurung kelapa berasal dari bagian buah pohon kelapa, tempurung biasa disebut batok kelapa. Batok kelapa biasanya digunakan sebagai bahan bakar dan juga menjadi bahan baku kerajinan tangan. Sudah banyak sekali kerajinan tangan yang berasal dari batok kelapa. Anda tertarik menjadi pengrajin batok kelapa?
6. Daging Kelapa
Daging kelapa adalah bagian buah kelapa, daging kelapa ini bisa diolah menjadi santan kelapa yang sering dipakai untuk membuat masakan-masakan. Jika daging kelapa masih muda, maka bisa diolah bersama air kelapa menjadi es kelapa muda. Nah minuman es kelapa muda seperti ini sangat banyak penggemarnya, oleh karena itu penjualnya pun juga banyak.
7.  Akar
Bagian akar pohon kelapa biasanya digunakan sebagai pewarna dan juga sebagai obat diare. Bahkan akar pohon kelapa pun sangat berguna bukan?
8. Sabut
Sabut kelapa berasal dari bagian buah pohon kelapa. Selain untuk bahan bakar, sabut kelapa biasanya digunakan untuk membuat keset, anyaman tali dan kerajinan tangan lainnya.

Banyak Manfaat Pohon Kelapa

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat pohon kelapa yang berguna bagi kehidupan manusia, lain daerah lain juga penggunaannya bukan? Nah kini sahabat KlikPintar semakin tahu manfaat pohon kelapa bukan? Hampir setiap bagian pohon kelapa sangat bermanfaat, itulah kenapa kami memberi judul 1001 manfaat pohon kelapa. Kini tugas kita untuk menjaga lingkungan dan mari menanam pohon. Sekian info manfaat pohon kelapa semoga artikel ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar